Jumat, 23 Desember 2016

Aqua Timez 7th album アスナロウ review

Halo semua, selamat siang...

Ketemu lagi dengan saya di Aquagreen77 channel (*penyiarradiowannabe). Seperti yang kita ketahui bersama, Aqua Timez secara resmi sudah merilis album ke-7 mereka secara resmi pada tanggal 14 desember 2016 kemarin. Dan kali ini, sebagai masukan bagi kalian yang mau beli, saya akan mereview ke-15 lagu dalam track ini sesuai pendengaran saya.

Overall, album ini sangat fresh, segerr, baru dan butuh situasi yang benar-benar nyaman untuk menikmatinya tapi membawa kenangan tersendiri. Kenapa? karena kebanyakan lagu-lagu dalam album ini, khususnya lagu-lagu baru merupakan lagu-lagu yang tidak biasa kita dengarkan selama ini. Kecuali bagi kamu-kamu yang sudah mengikuti Aqua Timez sejak 2005. Saya pertama kali mendengarkan beberapa lagu di album ini langsung merasa bahwa lagu ini mengingatkan saya akan Aqua timez yang dulu. Dan yang menarik adalah munculnya beberapa alat musik unik seperti biola, terompet dan musik electric semakin membuat album ini lebih berwarna. Seperti Aqua timez yang dulu.

Kemudian Futoshi juga sepertinya mulai sering untuk mengeluarkan teknik falsetnya. Terbukti untuk lagu-lagu yang belakangan memunculkan suara falsetnya yang langka. Dan mulai bereksperimen dengan genre yang sebelumnya belum pernah mereka bawakan. Album ini menawarkan sebuah lagu bergenre SKA yang pasti akan membuat para fans berjoget ria.

1. Asunarou 「アスナロウ」 
Durasi : 3:47
Nilai : 9.5
Aqua timez membuka album ini dengan Asunarou, saya pikir ini adalah pilihan yang tepat. Seperti biasanya Aqua timez membuka album dengan lagu yang permulaannya slow menuju tempo beat yang mengguncang seperti 1mm, isshun no chiri dan hyakunen no ki. Lagu ini lagu pertama dalam album ini yang membawa saya pada lagu-lagu lama Aqua timez dimana mereka masih suka menyisipkan beberapa frase bahasa inggris di lagunya. Well, beat nya juga sangat baik dengan paduan gitar spanyol dan gendang minimalisnya yang biasa disebut cajon. Sekedar tambahan asunarou adalah nama pohon sejenis cemara, sesuai dengan cover album ini tentunya. Last, Aqua Timez tidak salah menjadikan lagu ini sebagai judul untuk album terbaru mereka.

This song is nice opening bro..bro..bro..

2. Saigo Made II 「最後まで II」 
Durasi : 4:22
Nilai : 9.7
Lagu paling lama diantara lagu lain yang terlebih dahulu muncul di Album ini. Ini salah satu lagu Aqua timez yang bergenre j-rock yang pas untuk mengisi soundtrack anime. Meski terkesan seperti lagu-lagu jepang kebanyakan, lagu ini menurut saya jauh lebih baik. Dan rasanya juga tidak perlu direview karena kita semua pasti suka!

3. Kuusouraku 「空想楽」 
Durasi : 3:54
Nilai : 9,4
Bagi yang menggilai falset Futoshi yang langka, maka rasa penasaran kalian akan terlunaskan dilagu ini. Diawali dengan nada rendah gitar spanyol yang mengalun lembut, lagu ini meredakan perasaan setelah mendengarkan lagu Saigo made II yang cukup mengguncang. Tipe lagu seperti ini yang saya suka dari Aqua timez. Sedikit kejutan dilagu ini, meski iramanya tidak begitu beat, dipertengahan akan muncul musik electric dance yang memberikan nuansa kekinian dilagu yang mengambil latar musik akustik spanyol sebagai pembukaannya. Sebuah kombinasi khas Aqua timez.

4. We Must 
Durasi : 5:18
Nilai : 9.7
Permulaan lagu ini memang tidak biasa, dengan nada yang terdengar hampir fales tapi sebenarnya merupakan nada kress yang rendah (*sok ahli) tapi makna lagu ini benar-benar luar biasa. Termasuk favorit saya di album ini. Perpaduan musik dan nada-nada tinggi rendah dalam lagu ini membuat lagu ini sangat baik untuk menjadi penyemangat.

Yes, we must! No need to pretend that you are stong bud!

5. Fuyuzora 「冬空」 
Durasi : 3:54
Nilai : 9.0
Lagu seperti ini yang selalu saya tunggu-tunggu tiap kali Aqua timez mengeluarkan album baru. Sebelumnya saya bertanya-tanya apakah hanya musik saja seperti green bird dan koku? atau sebuah deklamasi yang diiringi musik seperti blues on the run? Dan ternyata adalah deklamasi yang diringi musik yang santai. Sekali lagi Aqua timez mengeluarkan permainan rima yang luar biasa dengan nada datar yang tidak membosankan.

6. 12 Gatsu no Himawari 「12月の向日葵」 
Durasi : 4:54
Nilai : 9.9
Yang terbaik di album ini. Tidak ada kekurangan apapun dilagu ini. Dan sepertinya kita semua sepakat bahwa lagu ini termasuk salah satu yang terbaik sepanjang karir Aqua timez. Saya memberi angka 9.9 untuk lagu ini. 

7. Sori ni Notte 「ソリに乗って」 
Durasi : 3:59
Nilai : 9.5
Setelah kita hampir terlelap dengan lagu 12 gatsu no himawari, beberapa detik kemudian kita langsung tersentak dengan irama orkestra dan biola penuh semangat di lagu ini. Penempatannya di track ke 7 inisepertinya memang sengaja untuk membuat album ini lebih seimbang. Irama full musik orkestra ini benar-benar membangkitkan semangat pendengarnya. Saya suka irama biolanya.

aeru youni, aemasu youni!!


8. Sunday Park 「サンデーパーク」 
Durasi : 3:15
Nilai : 9.7
Lagu ini menurut saya yang paling easy listening dan langsung membuat saya suka sejak pertama kali mendengarkan. Melody yang menyenangkan dan musik yang ceria dilagu ini membawa suasana nyaman tersendiri ketika mendengarkannya. Seperti sebuah hari minggu yang cerah :) sesuai dengan judulnya, Sunday Park. Dimulai dengan musik piano yang lincah kemudian dilengkapi dengan drum, bas dan gitar yang menyempurnakan lagu ini. Kemudian ada sedikit bagian yang menggunakan musik yang sama dengan yang muncul dilagu usagi no shippo. lagu ini akan membuat hari minggumu lebih cerah.

Lets find park on sunday morning!!!

9. Napoli 「ナポリ」 
Durasi : 3:45
Nilai : 9.3
Napoli dimulai dengan musik rock yang kental dengan efek keyboard yang beat. Sekali lagi Futoshi menggunakan efek elektrik untuk suaranya disini. Permainan kejutan beat beat dilagu ini membuat lagu ini lebih menarik. Salah satu kejutan yang biasa muncul di beberapa lagu Aqua timez adalah permainan beat dari tempo yang cepat ke lambat membuat lagu-lagu mereka tidak akan pernah membosankan. Ditambah backing vokal yang unik dari Futoshi yang menyebutkan Tambolin dan Piano secara bergantian saat reff terakhir.

Tambolin.. Piano..!!! ^_^`

10. Dub Duddy~Live ni Zenjitsu ni Mita Yume 
Durasi : 3:31 
Nilai : 9.2
Dengarkan dan resapi. Maka kamu akan merasakan seolah-olah sedang berada didepan panggung konser  drama musikal live aqua timez. Inilah lagu bergenre SKA yang saya sebutkan di awal review album ini. Meskipun bergenre SKA yang khas dengan terompetnya, tapi lagu ini, baik lirik dan musiknya akan membawa pendengar seolah-olah sedang berada dalam konser Aqua timez. Karena dibeberapa bagian terdapat suara Futoshi yang meneriakkan kata-kata yang biasa dikeluarkan saat mereka konser seperti : kyou Live da yo!! dan bagian dimana OKP juga ikut berbicara dengan Futoshi. Yang menarik dari lagu ini ada bagian dimana Futoshi bernyanyi dengan suara nge-bass yang disengaja.  Kemudian sebagian rap yang memerlukan nafas panjang yang sepertinya akan sulit sekali ditiru.

11. Mikadzuki Shaabetto 「三日月シャーベット」 
Durasi :3:36
Nilai : 9.1
Ayo.. joget. Angkat kepalanyaaa. Dilagu ini irama beat masih berlanjut setelah SKA dilagu sebelumnya. Full musik dan full beat senada dengan drumnya. Jika kamu masih bermalas-malasan, coba dengarkan lagu ini sambil mengerjakan sesuatu.

La..la..la..la..la..la..la..la..la..!!!

12. Senkou 「閃光」 
Durasi : 5:01
Nilai : 9.5
Bukan lagu yang begitu baru seperti yang sudah kita ketahui bersama. Well, saya sendiri agak jarang mendengarkan lagu ini sebelumnya. Tapi setelah muncul kembali di album ini, rasanya saya ingin mendengarnya lebih sering. Dibeberapa bagian terasa sekali pengaruh Mr.Children dalam musik Futoshi. Entah perasaan saya saja, tapi rasanya nada-nada itu mirip sekali dengan lagu-lagu yang biasa dibawakan oleh Mr.Children. Meski demikian, lagu ini tetap memiliki musik khas Aqua timez yang tidak akan ditemukan dilagu manapun.

13. Pascal 
Durasi : 4:47
Nilai : 9.7
Mungkin ini lagu full akustik pertama Aqua timez sejauh pengetahuan saya. Mungkin lagu ini memancing para fans untuk mencoba menyanyikan lagu ini dengan gitar masing-masing termasuk saya. Tidak lama setelah album ini keluar, saya melihat banyak post yang langsung memuji lagu ini. Sangat cocok didengarkan sambil bersantai menikmati segelas jus jeruk :) karena semakin didengarkan akan semakin menenangkan jiwa.

Yes, ima! just only now..!

14. Ikite 「生きて」 
Durasi : 5:13
Nilai : 9.5
Sepertinya untuk lagu ini kita semua sepakat bahwa lagu ini tidak perlu dikomentari baik dari segi musik dan liriknya. Sudah teruji!!!!

15. Mahou wo Tsukai Hatashite 「魔法を使い果たして」 
Durasi : 5:09
Nilai : 9.8
Penutup yang sempurna untuk album ini. Perfect..!!! Sejak awal saya sudah berfikir bahwa track 15 ini akan menutup album ini dengan manis. Penutup yang saya rasakan begitu berat, dengan lagu ini di akhir album ada perasaan tidak ingin mengakhiri mendengarkan lagu Aqua timez. Nada-nada dan cara Futoshi menyanyikan lagu ini sunggu menyentuh hingga ke relung hati. Tidak banyak yang dapat saya sampaikan untuk lagu ini, dengarkan dan resapi sendiri. Sempuna

Demikian review saya untuk album Asunarou ini. Album yang akhir-akhir ini menemani saya saat berangkat dan pulang dari kantor.

Cheers
^_^v
Shirouchan77

2 komentar:

  1. Yoi 👍
    Ane bner2 Dibuat Jatuh hati diAlbum kali ini!! :3



    *Visit juga = japanesia-tv.blogspot.com :3

    BalasHapus
  2. Baru ngeh, ternyata lagu napoli ending nya napoli dan milano bkn tambolin dan piano.. Wkwkwk

    BalasHapus

 
Blogger Templates