Kamis, 16 September 2010

Aqua Timez song in OST.

Banyak diantara kita, para AquaFanz yang mengenal dan mendengar lagu-lagu Aqua Timez dari salah satu produk budaya Jepang seperti anime, dorama dan lain-lain. Selain itu, belakangan ini, Aqua Timez selalu merilis single mereka yang sebelumnya juga sudah diplot menjadi musik pengiring atau original soundtrack. Untuk menambah pengetahuan kita tentang Aqua Timez, kali ini saya akan membahas lagu-lagu Aqua Timez yang sukses diangkat menjadi lagu-lagu pengiring dalam salah satu produk budaya tersebut.

Let's check it out......

1. シャボン玉Days (Shabondama days)

Lagu ini dipakai sebagai ending theme pertama serial 「恋愛部活-Ren'ai Bukatsu/Club Love」, yaitu sejenis variety show untuk anak sekolah (SMA) yang ditayangkan oleh NTV. Mungkin inilah alasan yang paling logis kenapa lagu ini mengambil ruangan kelas sebagai lokasi syuting video klipnya.





(Cuplikan serial 恋愛部活)


2. 決意の朝に (Ketsui no asa ni)

Lagu ini dipakai sebagai soundtrack Anime Movie "BRAVE STORY" (2006). Film ini diangkat dari novel karya Miyuki miyabe yang rilis pada tahun 2003 dan sebelumnya sudah dibuat dalam bentuk manga oleh yoichiro ono. Manga Brave story ini dikemas dalam 20 volume yang terbit sepanjang periode april 2004 sampai mei 2008. Selain itu, Brave story ini juga sudah diangkat kedalam permainan games SONY PSP, PS2 dan Nintendo DS.







(novel brave story)

3. 歩み ( Ayumi )

Lagu ini juga dipakai sebagai ending theme ke-4 serial 「恋愛部活-Ren'ai Bukatsu/Club Love」


4. 一生青春 (isshou seishun)

Di plot sebagai lagu iklan (CM song- di Jepang digunakan istilah CM untuk iklan komersil, CM adalah singkatan dari Commercial Message) salah satu produk Aisin, yaitu sebuah perusahaan mesin otomotif untuk mobil, saya juga kurang tahu sebenarnya ini produk apa, hahaha...


5. 千の夜をこえて (sen no yoru wo koete)

Selain dipakai sebagai soundtrack utama anime movie "Bleach~Memories of nobody", lagu ini juga dipakai sebagai lagu pembuka "音楽戦士 (ongaku senshi) MUSIC FIGHTER" (*mungkin sejenis Award yang ada di Jepang) pada tahun 2006.





(logu music fighter)


6. いつもいっしょ (Itsumo issho)

Diplot sebagai ending theme sebuah acara music bernama 「Music holic」periode november tahun 2006. Iramanya yang slow dan menghanyutkan sangat cocok untuk mengakhiri sebuah acara musik.


7. ハチミツ〜Daddy,Daddy〜 (Hachimitsu~daddy,daddy)

Untuk pertama kalinya lagu Aqua Timez muncul dalam serial Drama di Jepang. Meskipun hanya sebatas lagu pengisi. Artinya, lagu ini muncul dalam episode tertentu sebagai musik pengisi ketika terjadi sesuatu yang (*mungkin) keadaannya hampir mirip dengan lagu ini. Drama yang mengangkat lagu ini berjudul 「新幹線ガール - Shinkansen Girl」. Drama ini sendiri diangkat dari sebuah novel yang juga diangkat dari sebuah kisah nyata pengalaman seorang gadis pramugari Shinkansen.





(cuplikan shinkansen girl)


8. Present

Untuk kedua kalinya lagu Aqua Timez muncul dalam drama Shinkansen girl. Sekedar menambahkan, drama ini ditayangkan oleh stasiun NTV, sama seperti acara ren'ai bukatsu.


9. しおり (Shiori)

Untuk ketiga kalinya lagu Aqua Timez menemani penikmat drama shinkansen girl. Lagu mereka lagi-lagi terpilih untuk mengisi musik dalam drama yang diangkat dari novel kisah nyata tersebut. Selain itu, lagu ini juga mendapat tempat khusus yang lebih prestisius. Yaitu terpilih untuk mengisi lagu dalam TVCM salah satu produk minuman soda asahi, yaitu 「三ツ矢サイダー Mitsuya cider」.



Bagi yang belum menonton iklannya, saya menyisipkan video CM Mitsuya Cider yang diperankan oleh Yui Agaraki yang cantik. Info tambahan, minuman ini sendiri tersedia dalam berbagai rasa. Minna, nonde mite....



10. 夢風船 (Yume Fuusen)

Lagu berirama merdu ini telah diplot oleh stasiun TV no.1 di Jepang, NHK untuk mengisi theme song salah satu program TV tentang anak-anak yang bertajuk 「地球に暮らす子どもたち - Chikyuu ni kurasu kodomotachi/anak-anak yang tinggal di bumi」

11. ALONES

Lagi-lagi Aqua Timez mengisi theme song anime bleach. Seolah-olah Aqua Timez dan Bleach sudah berjodoh. Kali ini Aqua Timez muncul dengan single ALONES yang menjadi opening theme ke-6 yang sukses melambung bersama anime Bleach dengan sayap patahnya.




12. 小さな掌 (Chiisana Tenohira)

Akhirnya setelah sekian lama hanya menjadi musik pengiring dalam sebuah drama, Aqua Timez dengan single Chiisana Tenohira berhasil mendapatkan tempat utama sebagai theme song alias Original Soundtrack sebuah drama berjudul 「ジョシデカ!-女子刑事- Joshi Deka!-Joshi keiji-」. Drama ini rilis pada tahun 2007 dan ditayangkan oleh stasiun tv TBS.



Drama ini mengisahkan tentang kombinasi seorang veteran detektive wanita bersama kriminal wanita peringkat 1 yang berhasil memecahkan berbagai kasus. Melihat Cuplikan dan gambar-gambar ini, saya semakin bersemangat untuk menontonnya. Yosh, mina mo, mite mite....


(cuplikan drama joshi deka-joshi keiji)


13. 虹 (Niji)

Seperti yang kita ketahui bersama, single ini telah di-plot menjadi theme song dorama Gokusen3 yang juga tayang di stasiun NTV. Mengisahkan tentang kehidupan seorang guru idealis bernama Yamaguchi kumiko yang sebenarnya merupakan generasi keempat pewaris keturunan grup Ooedo, salah satu klan Yakuza yang terkenal tapi lebih memilih untuk menjadi seorang guru. Dalam season 3 ini dia melanjutkan tugasnya sebagai wakil kepala sekolah SMA Akado dan bertugas menangani kenakaan kelas 3-D.





(Cuplikan gokusen3)


14. 夏のかけら (Natsu no Kakera)

Single ke-7 milik Aqua Timez ini telah diangkat menjadi theme song sebuah film yang diperankan oleh Yui Aragaki yang cantik berjudul 「フレフレ少女-Fure-fure Shojo」yang rilis pada tahun 2008. Yang berkisah tentang seorang wanita yang bergabung dengan klub pemandu sorak. Tadinya saya malah berfikir ini film tentang politikus wanita atau cerita tentang reformasi wanita. Hahahaha....



(cuplikan film fure-fure shojo)

15. 秋になるのに (Aki ni Naru no ni)

Untuk kali ketiga, Aqua Timez mencatatkan lagunya sebagai lagu CM. Kali ini mereka mengisi lagu untuk iklan produk perusahaan mobil yang cukup terkenal, Mitsubishi yang waktu itu mengeluarkan produk teranyar mereka, パジェロミニ (Pajero Mini) yang memiliki tampilan yang cukup keren.




Maaf karena saya tidak menemukan video iklan ini dimana-mana...


16. Velonca

Untuk ketiga kalinya pula, Aqua Timez mengisi theme song serial anime Bleach. Kali ini Velonica menjadi andalan. Terbukti, dengan diangkatnya lagu ini menjadi opening kesembilan serial anime Bleach, Aqua Timez menjadi lebih populer di Indonesia.


17. STAY GOLD

Lagu ini agak membingungkan menurut saya. Karena secara "ajaib" (*karena di Indonesia hal ini adalah hal yang sangat tidak umum terjadi) menjadi lagu untuk 代々木ゼミナール( seminar yoyogi) yang diikuti 28 sekolah di seluruh jepang.


18. きらきら (Kira-kira)

Lagu yang cemerlang ini, berhasil memikat perusahan besar KIRIN (*menurut sumber yang saya peroleh dari wikipedia, KIRIN adalah sebuah perusahaan bir raksasa yang ada di Jepang , namun jangkauan bisnis mereka telah merambah sektor-sektor lain seperti minuman ringan, restoran, real estate dll. Kirin sendiri (*dalam bahasa cina disebut QILIN) adalah nama dari hewan mitos yang ada di cina dan mungkin juga dipercaya orang jepang ada disana, maklum saya bukan seorang ahli) untuk mengisi theme song CM produk mereka, yaitu「潤る茶」. Yaitu sebuah minuman teh yang baik untuk kesehatan. Hahahahah





19. 別れの詩 -still connected- (Wakare no Uta~Still Connected

Sekali lagi, Aqua Timez mengisi theme song sebuah acara TV di Jepang. Kali ini Aqua Timez lewat lagunya Wakare no Uta~Still connected menjadi lagu penutup acara ラジかるッ pada tahun 2009 bulan maret.



20. One

Ternyata lagu ini dipakai menjadi theme song dua turnamen sekaligus. Yang pertama menjadi image song kualifikasi turnamen baseball ke-81 antar SMA (*mungkin seleksi menuju koshien) dan yang kedua menjadi theme song turnamen rugby antar SMA yang ke-89 yang ditayangkan setiap hari di Jepang.

21. プルメリア 〜花唄〜 (Plumeria~Hana Uta)

Setelah sukses mengisi theme song untuk drama Gokusen, Aqua Timez kembali dengan single ke-10 nya untuk menjadi original soundtrack Gokusen the movie yang rilis pada bulan juli 2009 .



22. 絵はがきの春 (Ehagaki no Haru)

Untuk single ke-11 ini Aqua Timez bekerja sama dengan perusahaan Ajinomoto dan menjadikan lagu Ehagaki no Haru sebagai theme song untuk iklan salah satu produk mereka bernama クノール カップスープ, yaitu sebuah makanan sachet berupa sup mangkuk yang lezat....



23. 最後まで (Saigo MAde)

Saya sedikit meupakan lagu ini, padahal lagu ini adalah lagu kampanye sony walkman "play you". Dan sekedar tambahan, video klip lagu ini juga pertama kali di luncurkan melalui situs sony Walkman "Play you". Dan sepertinya kita semua sudah menonton PV nya, dengan background Sony Walkman "Play you".

24. On the Run

Ini yang paling jelas, sangat jelas terlihat di PV nya. Lagu Aqua Timez yang mirip genre nya dengan lagu Full a Gain mereka yang teranyar ini bekerja sama dengan MTV (Aqua Timez×MTV×SNICKERS Branded Music Video) untuk membuat PV yang sekaligus menjadi iklan untuk sebuah produk makanan "SNICKERS", yaitu sejenis coklat dengan kacang yang gurih.(*lama-lama kayak blog kuliner)







Aqua Timez - On the Run PV


25. GRAVITY Ø

Di akhir tahun 2010, Aqua Timez kembali mengisi opening sebuah anime, tapi kali ini bukan Bleach, melainkan STAR DRIVER 輝きのタクト (STAR DRIVER - Kagayaki no Tact) yaitu sebuah drama mecca yang terlahir tanpa manga. Manga STAR DRIVER baru muncul setelah Anime nya di rilis. Anime ini ditayangkan di stasiun tv MBS.



cuplikan anime star driver sepertinya ikut mempromosi Aqua Timez

26. 風に吹かれて (kaze ni fukarete)

Aqua Timez untuk kali kedua kembali mengisi theme song turnamen rugby ke-90 antar SMA setelah sebelumnya sukses mengisi lagu untu turnamen itu dengan lagu ONE. Kali ini Aqua Timez masuk kembali dengan lagu Kaze ni Fukarete, lagu yang sangat easy listening bagi saya.

27. 真夜中のオーケストラ (Mayonaka no Orchestra)

Akhirnya Aqua Timez mengabulkan harapan para penggemar di Indonesia, yaitu mengisi soundtrack anime paling populer di Indonesia, Naruto. Aqua Timez dengan single ke-13 nya menjadi OST Naruto Shippuden OVA -NARUTO×UTオリジナルDVD- sekaligus menjadi ending song alias lagu penutup serial anime naruto shippuden.


28. Full a Gain

Yang paling baru dari Aqua Timez adalah lagu Full a Gain. Sungguh diluar dugaan, 3 lagu dalam single mayonaka no orchestra menjadi theme song. Lagu ini terpilih menjadi opening song untuk serial anime Naruto Shounen Hen-NARUTO -ナルト- 少年篇-. Apa itu naruto Shounen hen? Naruto Shounen Hen adalah rilis ulang dari anime NAruto yang kita ketahui bersama. Di Jepang, beberapa anime yang dahulu sukses dibuat ulang dengan tidak merubah cerita sama sekali, tapi mendapat opening dan ending song yang baru. Beberapa anime yang mengalami rilis ulang yang saya ketahui adalah, Gundam Seed dan Dragon Ball yang dirilis ulang dengan nama dragon ball kai.

19 komentar:

  1. wah, terimakasih karena sudah mengomentari postingan yang belum selesai ini...
    hha...

    BalasHapus
  2. i know, dr awal di posting saya udah liat...
    pas liat lagi, eh ada tambahan gambar2

    lanjut lah!

    BalasHapus
  3. 1 kata kuucapkan utk mewakili bnyak kata dlm postingan diatas....

    "KEREEEN" :L .... :k

    hidup AT... :b :angel

    BalasHapus
  4. bang ardi, lanjutin dong.....
    Buta bahasa jepang
    :b

    BalasHapus
  5. ..........bagus........thanks yg bkin nie blogspot;)....dach bkin guw lbh ngrti ma aqua timez:b..........hidup aquafans..............!!!!!!:e

    BalasHapus
  6. Aqua Timez is The Best !!!

    Lagu jepang yg paling tidak mbosenin waloupun diputer ber100x :mj

    Lanjut gan ..

    BalasHapus
  7. HAHAHHAH...
    Go go go Aqua Timez!!!
    Kita di Indonesia terus mendukungmu!!!!!
    :) :$ :e :mj

    BalasHapus
  8. bnr banged kata na anonim...xo
    jarang ada band kyk gni..
    mdhan aqua timez bsa terus Hdup N jngn pernah meredupkan cahaya na bwat para pendengar musik di seluruh dunia....:e :e :$ :$

    BalasHapus
  9. joshi deka-joshi keiji...
    kykx itu film keren,klo bloeh tw donlod di mn?

    BalasHapus
  10. uwooo wuooo!! xD
    ternyata AT lagu'y banyak jg yg d pake buat OST atopun iklan :tup
    sankyuu senpai :e

    BalasHapus
  11. aqua timez emang keren :tup

    BalasHapus
  12. Padahal udh sering buka nii blog, tpi baru nyadar ada postingan kya gni..
    Tambah suka dah ma Aqua Timez..
    Hihihi..

    BalasHapus
  13. kak, kok lagu 'mask' gak dimasukin?

    BalasHapus
  14. Makasih banyak gan..Gw jdi makin suka nih sma Aqua Timez palagi lagu Sen No Yoru Wo Koete....Makasih banyak gan... :D

    BalasHapus

 
Blogger Templates